Selamat Datang di perpustakaan-telkompwt.blogspot.com :)

Senin, 23 April 2012

GANTI HATI tantangan menjadi menteri






Ganti Hati merupakan kumpulan tulisan Dahlan Iskan tentang operasi ganti hati di Tianjin, China. Berisi kisah-kisah dan pengalaman dramatik mengenai keadaan menghadapi kondisi yang sangat kritis dalam hidup. Kondisi dengan taruhan hidup atau mati.

Tulisan-tulisan itu, kata Dahlan, sebenarnya muncul dari keinginan untuk mengecek kemampuannya menulis pasca operasi ganti hati. Banyak kisah, pasca operasi ganti hati, orang yang bersangkutan hilang kemampuan dan keahlian sebelum operasi.

"Saat saya mulai bisa duduk pasca operasi ganti hati, saya minta laptop kepada istri. Maksudnya untuk mengetes kemampuan menulis saya, apa hilang atau masih sama dengan sebelum operasi. Ternyata masih sama, tidak ada yang hilang," kisah Dahlan. "Jadi sama sekali tak ada maksud membuat buku," katanya.


Peristiwa itulah yang dianggap Jacob tak semata keberhasilan medis. Kemajuan ilmu dan teknologi kedokteran sudah memungkinkan banyak hal yang dulu sulit, kini menjadi mungkin terjadi.

"Tapi keberhasilan operasi ganti hati Pak Dahlan ada maksud Tuhan," katanya. "Dari pandangan iman agama apapun yang kita anut, peristiwa itu memberi penegasan tentang panggilan kemanusiaan. Tak ada cara lain memaknainya, kecuali kita bersyukur atas semua itu," kata Jacob.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar