Selamat Datang di perpustakaan-telkompwt.blogspot.com :)

Rabu, 11 Januari 2012

MENYINGKAP HATI MENGHAMPIRI ILAHI


DI tengah badai ketidakpastian dan guncangan kehidupan di dunia ini, kembali kepada hal yang paling primordial atau fitrah adalah penting bagi seorang Muslim. Di sini, religiositas dan juga spiritualitas seolah menemukan kembali momentumnya.


Hanya saja, sikap keberagamaan yang selama ini dibungkus oleh ritus-ritus ibadah yang kering tanpa Ruh menjadi tak ada artinya. Yang ada hanyalah ritualisme yang kosong yang bisa menjebak pelakunya dalam simbolisme semata.

Sebaliknya, Spiritualisme murni dengan mengesampingkan aspek syariat yang lebih luas juga hanya akan menjadi wujud lain dari eskapisme di tengah ketidakberdayaan menghadapi realitas. Dalam kondisi seperni ini, Ziarah Ruhani, dalam rangka menghampiri Illahi dengan menenpuh jalan eksoteris maupun esoteris agama menjadi sangat signifikan.

Sebab, hanya dengan kedekatan kepada Illahi sajalah seluruh problem yang dihadapa bisa diselesaikan dengan pertolongan-Nya. Untuk tujuan itulah buku ini hadir. Dengan keluasan ilmunya yang mumpuni, Imam al Ghazali kali ini mengajak kita untuk melakukan ziarah ruhani yang dimaksud.

Istilah ziarah ruhani tidaklah dimaksudkan untuk menafikan aspek eksotoris agama, tetapi semata-mata agar apa yang kita lakukan berupa ekspresi lahiriah dari rutinitas keagamaan kita benar-benar produktif, bernilai, dan tidak kering, sehingga diharapkan mampu mengantarkan diri kita menghampiri Allah Sang Pencipta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar